Peran Konsultan Pajak Dalam  Perusahaan dan Bisnis Anda

Peran Konsultan Pajak – Membayar Pajak adalah hal yang (mungkin) bagi sebagian pelaku usaha masih bermain petak umpet dengannya, bisa jadi ada rasa kekhawatiran bahwa pajak akan menguras modal atau laba yang di hasilkan selama ini.

Di Indonesia sendiri perpajakan menganut system self assessment yang artinya system pemungutan pajak yang memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Wajib Pajak (WP) untuk menghitung atau memperhitungkan, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah besaran pajak yang seharusnya terutang berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan.

JIka Anda seorang pelaku usaha maka menjadi kewajiban untuk belajar menghitung wajib pajak Anda sendiri dan membayarnya. Akan tetapi sebagian besar pelaku usaha belum memaksimalkan system ini dengan baik, banyak factor yang mempengaruhinya, diantaranya:

  1. Pelaku usaha lebih focus ke produksi daripada menghitung pajak
  2. Kemampuan pelaku usaha menghitung pajak sendiri masih minim
  3. Banyak pelaku usaha yang tidak mengerti cara menghitung wajib pajak dan cara membayarnya

Dari ketiga factor tersebut memang menjadi wajar jika seandainya masih banyak yang masih bermain petak umpet dengan kewajiban membayar pajak, namun bagi pelaku usaha hal ini tidak boleh berlangsung terlalu lama. Semakin lama Anda bermain petak umpet maka semakin besar resiko beban wajib pajak bagi Anda yang menumpuk.

Solusi praktis dalam membayar pajak tanpa khawatir adalah dengan bekerjasama dengan konsultan pajak rekanan Anda. Pelaku Usaha bisa berkonsultasi terkait perhitungan wajib pajak, besaran pajak yang harus di bayar termasuk pembuatan laporan keuangan yang baik untuk kemajuan perusahaan kedepannya.

Jasa Konsultan pajak adalah hal yang umum di kalangan industry usaha, karena membantu dalam permasalan pajak dan memberikan solusi yang tepat bagi kelangsungan bisnis.

Adapun manfaat menggunakan konsultan pajak adalah sebagai berikut :

  1. Dapat meminimalkan resiko pembayaran pajak yang menunggak
  2. Membantu perhitungan besaran pajak
  3. Tidak terbebani dengan urusan administrative pajak
  4. Membuat laporan keuangan dan laporan pajak sesuai kebutuhan kantor Pajak
  5. Waktu bagi pelaku usaha (Wajib Pajak) tidak terkuras karna sudah di delegasikan ke konsultan pajak dan tim

Secara umum Peran Konsultan Pajak adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan Jasa KOnsultasi terkait perpajakan dengan tetap memperhatikan kode etik, standar profesi dan ketentuan peraturan perundang undangan
  2. Memberikan informasi mengenai komponen wajib pajak secara tepat sesuai dengan ketentuan perundang undangan mengenai perpajakan
  3. Menganalisan dan memberikan solusi mengenai efisiensi pajak namun tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku
  4. Memberikan layanan pelaporan SPT Pajak Yang meilupti SPT Masa dan SPT Tahunan
  5. Mendampingi klien jika diperlukan dalam pemeriksaan pajak oleh petugas terkai masalah yang berhubungan dengan perpajakan

peran konsultan pajak Konsultan pajak bekerja sesuai dengan kebutuhan dari klien  dengan memperhatikan perundang undangan perpajakan di Indonesia.

Tentunya perusahaan atau pelaku usaha tidak ingin terjerat kasus pajak yang menunggak sehingga dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar untuk kelangsungan usaha di masa depan. Untuk itu sedini mungkin di harapkan Anda segera mendapatkan rekanan konsultan pajak guna mengatasi masalah pajak perusahaan Anda.

Pelaporan pajak tidak akan semenakutkan jika mengetahui cara dan komponen yang timbul dari wajib pajak. Di beberapa kasus yang terjadi nyatanya klien yang kami tangani tidak membayar pajak secara berlebihan, artinya ekpektasi membayar pajak yang besar tidak terjadi manakala sudah di konsultasikan dengan konsultan pajak.

Tarif Wajar Konsultan Perpajakan

Besarnya tarif (fee) dari peran konsultan pajak sangat bervariasi tergantung dari jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh klien / perusahaan. Umumnya kantor konsultan pajak bersertifikasi bisa mengenakan hitungan biaya per jam namun ada juga yang menggunakan tarif flat, besarnya tariff biaya juga tergantung dari kesepakatan antara konsultan pajak dengan klien mengenai berapa besar dan berapa banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilkerjakan konsultan pajak terhadap kliennya.

Semakin kompleks dan banyaknya waktu yang di butuhkan oleh konsultan pajak mengerjakan pekerjaan klien juga mempengaruhi besaran tarif sebagai konsultan, Namun besaran tarifnya sebanding dengan kelangusungan perusahaan Anda di masa datang, Apabila Anda sedini mungkin menjalin kerjasama yang baik dengan konsultan pajak Anda, tentunya masalah pajak dan pelaporan tidak akan membuat perusahaan keropotan.

Posisikanlah konsultan pajak sebagai mitra Anda selayaknya dengan mitra perusahaan lain yang bertugas membantu dan mengembangkan perusaahaan Anda lebih besar lagi. Dengan demikian Anda akan tenang terkait pajak dan bisa focus dalam mengembangkan perusahaan Anda lebih baik dari saat ini.

Untuk jasa Konsultan pajak dapat menghubungi kami di link berikut: http://konsultanperpajakan.com/kontak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *